http://picasion.com

rss

Cari Sepatu Keren??

Tips Seni Dalam Menulis Artikel di Blog Kita

Sengaja saya menulis artikel dengan judul Tips Seni Dalam Menulis Artikel di Blog Kita. Mengingat blogging menjadi istilah yang tidak asing lagi bagi para netter dan tidak diragukan lagi telah merevolusi gaya hidup kita saat ini. Seakan-akan tiada hari tapa blogging. Fenomena ini bisa kita lihat perkembangan blog di seluruh dunia yang semakin marak. Blog telah menjadi media kita untuk berekspresi dan sepertinya kita tidak terlepas dari aktivitas blogging. Yang paling menarik, kita bahkan tidak memerlukan pengetahuan teknis untuk memiliki dan menjalankan sebuah blog.
Siapapun dapat menggunakannya dengan mudah. Dengan beberapa pengetahuan dasar blogging di pikiran kita dan dengan informasi kualitatif dan unik (asli) yang anda publikasi kan di blog Anda. Anda bahkan dapat memperoleh sejumlah uang tambahan dari blog dengan usaha yang tidak terlalu menguras tenaga dan waktu. 
Tetapi untuk meraih kesuksesan itu, kita membutuhkan antusiasme sejati dalam menjalankan blog dan kemampuan Anda untuk mengukir beberapa konten yang menarik. Jika itu merupakan masalah bagi kita, di sini  saya akan membuat terobosan dan berbagi tentang cara untuk meningkatkan kemampuan kita dalam menulis konten yang baik!. Jika sekarang Anda sudah memiliki dan menjalankan sebuah blog,  Kita pasti tahu bahwa konten Anda adalah generator lalu lintas yang terbaik untuk blog kita dan lalu lintas adalah darah dari blog kita sendiri. Atau mengutip kang Rohman bahwa konten adalah raja bagi blog kita.  Di luar sana, ada orang-orang mencari informasi di blog kita, dan jika kita mampu memberikan apa yang mereka cari, maka kita telah memiliki sebuah blog yang sukses. Tapi menulis konten yang lebih baik merupakan pekerjaan yang tidak mudah  dan kita harus menjaga beberapa hal dalam pikiran saat menulis artikel untuk blog Anda. Saya yakin tips berikut atau petunjuk ini akan sangat membantu bagi kita (terutama saya sendiri sebagai pemula) untuk meningkatkan kualitas blog.
  
Pastikan untuk membaca semua tips berikut ini:
 
1. Riset, Riset dan Riset
Jika kita tidak terlalu lihai atau tidak cukup percaya diri untuk menulis artikel yang ilmiah, cerdas, dengan banyak penelitian dan referensi yang komplit.  Dalam kasus tersebut, apa yang bisa kita lakukan adalah kita bisa mencari beberapa artikel tentang topik di internet, men-download dan mencetaknya. kemudian kita luangkan waktu untuk membaca semua sumber tersebut dengan teliti dan menandai bagian-bagian penting dari kontennya.  Kita buat draft kasar atau sebuah konsep terlebih dahulu.  Lalu ketika kita mulai menulis, kita simpan semua artikel-artikel yang masih tersebar  di kertas. Lalu kita mencoba untuk memasukkan poin-poinnya yang ditandai tersebut. Cobalah trik ini. insyaAllah sangat mudah, efektif dan tidak memakan banyak waktu. Ini adalah trik terbaik yang kita gunakan untuk menuliskan artikel.
 
2. Unik, menarik dan To the point
Saat menulis artikel, pertimbangkan untuk membuat tulisan yang lebih menarik dan to the point.  Ketika kita menulis artikel, tambahkan dengan sentuhan pribadi unik kita dan ciri khas kita. Hal ini mendorong para pembaca untuk melanjutkan membaca dan membuat mereka merasa bahwa seseorang telah dengan sukarela berbagi pengetahuan secara cuma-cuma. Untuk membuat artikel kita lebih menarik, kita coba untuk membubuhkan fakta, contoh dan cetak biru atau blueprint. Cobalah sebaik mungkin untuk membuat pembaca kita  lebih betah membaca dan berlama-lama di blog anda! atau bahkan mendaftar sebagai pelanggan yang setia.
 
3.Gunakan teknik KISS 
Saya tidak menemukan istilah lain yang lebih menarik dari istilah ini tapi setidaknya, ini adalah salah satu singkatan favorit saya.. Ini adalah kependekan dari KEEP IT SIMPLE AND SHORT. Ya, biasakan artikel kita sederhana, singkat dan bermakna. Artikel yang panjang, memungkinkan para pembaca kita merasa bosan. Sedangkan kebanyakan pembaca ingin cepat dan bermakna. Blog kita akan dihargai jika kita terus menerbitkan artikel blog kita dengan singkat dan sederhana.
 
4. Judul Artikel
Daniel Socosso berkata, Ketika Anda mengukir judul yang menarik, itu akan menjadi hal pertama dan hal terakhir yang akan pembaca baca di blog Anda.  
Judul adalah ringkasan dari artikel kita dan mendorong pembaca untuk membaca sisa artikelnya.  Judul artikel yang menarik dan unik adalah sama dengan setengah upaya keras yang kita lakukan dan ini sama pentingnya dengan seluruh isi artikel kita.  Tidak peduli seberapa baik isi tulisan kita, jika judulnya  kepanjangan dan membosankan, tak seorang pun ingin membaca artikel kita.  Jadi jangan pernah ragu untuk menghabiskan waktu kita untuk memikirkan judul tulisan kita hingga ditemukan dengan judul terbaik yang cocok untuk artikel kita.  Mintalah saran dari keluarga dan teman-teman, lakukanlah penelitian dan menggunakan kata yang membingungkan dan mengejutkan yang dapat dengan mudah menarik perhatian pembaca blog kita. Kita bisa juga mencari judul yang belum dipakai oleh orang lain. Anda bisa mengujinya di google, jika belum ada maka pakailah judul tersebut karena itu akan sangat baik untuk SEO post blog anda. Jika sudah banyak, berarti kita harus mencari judul yang lain hingga bisa bersaing walau dengan tema artikel yang sama. (coba anda copas judul artikel ini kemudian search di google, anda akan mendapati artikel ini berada di urutan pertama atau kedua)
 
5. Lebih sering anda mengedit artikel anda akan lebih baik artikel yang anda hasilkan.
Jika kita mencoba yang satu ini, saya yakin kita benar-benar akan memiliki artikel yang hebat. Apa yang saya lakukan untuk semua posting saya adalah ketika saya selesai mempersiapkan salinan dari posting saya, saya tidak menerbitkannya segera. Saya menyimpannya untuk sementara (sekitar 2-3 hari) dan menulis artikel yang lain. Sementara itu, saya sering melihat-lihat kembali pada posting itu, membacanya dan mengedit ulang artikel saya. Saya melakukannya berkali-kali dan semakin saya mengedit artikelnya, semakin baik lagi artikel yang dihasilkan.  Ini membantu kita untuk memiliki konten yang lebih baik. Jika perlu anda juga mesti rajin memperbaharui posting anda yang lalu. Lihat artikel Perbaharui Posting Lama Anda Dengan memberi tambahan tulisan, menghapus kalimat yang tidak perlu, atau meng update tulisan sesuai kondisi terkini. 
 
6. Final Proofreading. 
Tata bahasa, informasi, ejaan dan jenis-jenis kesalahan dalam artikel dapat mengurangi kualitas artikel kita .  Hal ini juga dapat mengurangi reputasi blog dan kita sendiri. Jadi jangan ter buru-buru untuk menekan tombol Publish. Cobalah untuk memeriksa kembali setiap jenis kesalahan dan jika ada, langsung memperbaikinya.
Ingatlah bahwa popularitas, reputasi, jumlah trefik dan kesuksesan Anda sebagai seorang blogger tergantung pada bagaimana Anda menulis dan mengukir content. Jadi konsisten terhadap konten Anda dari blog Anda dan kesuksesan akan anda dapatkan sebagai blogger.

Sekian Tips untuk menulis artikel di blog kita, mudah-mudahan bermanfaat khususnya bagi saya sendiri. Jika anda ingin mengamankan artikel berharga anda dari para plagiat atau copas anda bisa mengguanakan trik ini Cara Mengatasi Blog Post dari Copy Paste.
silahkan untuk menambahkan, anda bisa tulis di komentar.

.::Related Posts:

4 comments:

Investasi Online terbaru dan tercepat on Sunday, July 11, 2010 3:20:00 PM said... Reply

wah...artikel bagus nih...makasih ya mas atas pembelajarannya..

untuk menulis emank susah apalagi pemula kayak sya...

sukses selalu mas

falsafah-pendidikan.blogspot.com on Sunday, July 11, 2010 3:24:00 PM said... Reply

bagus mas artikelnya mantap...

di tunggu artikel selanjutnya ya mas..,

sukses selalu

Unknown on Sunday, July 11, 2010 3:29:00 PM said... Reply

terimaksih sobat, kita sama-sama belajar saja. Try to be professional

Kiki on Friday, August 13, 2010 10:08:00 PM said... Reply

Cukup Menarik Walaupun,, Artikelnya terjemahan dari url ini...
http://www.allblogtools.com/tricks-and-hacks/the-art-of-writing-best-content
Siiip...


Post a Comment

Silahkan tulis komentar sebagai umpan balik dari artikel ini. Tidak diperkenankan untuk komentar yang berunsur spamming, porno, dll.

http://picasion.com/i/1TFa9/

Sub Menu

  • 1. Membuat Teks Berkedip
  • 2. Menambah Elemen di Atas dan Bawah Posting
  • 3. Menambah Dua Elemen di Bawah Sidebar
  • 4. Kotak Komentar Blogger Bermasalah
  • 5. Membuat Teks Bergerak Pada Blogger
  • 6. Membuat Tabel Pada Blogger
  • 7. Cara Membuat Scrollbox pada Blogger
  • 8. Fungsi New Pages Pada Blogspot
  • 9. Cara Menampilkan Tanggal Post (Post Date) Blogger di Waktu Yang Sama
  • 10. Membagi 2 Kolom Sidebar Blog
  • 11. Cara Memperlebar Halaman Blog
  • 12. Mengatur Perataan Posting Artikel
  • 13. Membuat Menu Dropdown Pada Arsip
  • 14. Blogger Sudah Support Fungsi Readmore
  • 15. Menambahkan Web Counter
  • 16. Cara Mendaftar dalam Blogspot
  • 17. Membuat Emotion Pada Blogger
  • 18. Memasang Yahoo Messenger Emotion
  • 19. Membuat Background Posting
  • 20. Membuat Menu Tab View Pada Blogger
  • 21. Cara Mengganti Icon Pada Address Bar
  • 22. Cara Memasang Gambar Berbingkai
  • 23. Cara Membuat Tombol Facebook Like di Blogger
  • 24. Cara Membuat Related Post Dengan Fungsi Scroll
  • 25. Membuat Border dan Kotak Pada Postingan
  • 26. Cara Membuat Buku Tamu Melayang
  • 27. Membuat Iklan Melayang dengan Tombol Close
  • 28. Membuat Kata Sambutan, Penutup dan Pertanyaan Pada Blogger
  • 29. Memasang Widget Recent Post dengan Thumblnails
  • 30. Evolusi Blogger dari Tahun 1999 - 2009
  • 31. Tips Agar Blog Anda Mudah Diakses di HP
  • 32. Cara Memasang Retweet Button Pada Blogger
  • 33. Cara Memperbesar Image/Gambar Pada Postingan Blog
  • 34. Menambah Font dari Google Custom Pada Blogger
  • 35. Membackup Komentar di Blogger
  • 36. Koleksi Gratis RSS Feed Icon dan RSS Feed Vector Graphics
  • 37. Tips Menjadikan Blogger Unlimited Bandwidht/Loading Page Super Cepat
  • 38. Daftar 'Keyboard Shortcut' Untuk Posting di Blogger
  • 39. Mengganti Font Blogger dari Kernest.com
  • 40. Tips Seni Dalam Menulis Artikel di Blog Kita
  • 41. 8 Tips Menulis Artikel Blog Dalam Waktu 20 Menit
  • 42. 5 Tips Efektif dalam Menulis di Blog
  • 43. Mengenal Lebih Dekat Tentang SEO dengan SEO Dictionary
  • 44. 4 Situs Terbaik Bekapasitas 10GB Untuk Menyimpan Data Secara Online
  • 45. SEO adalah Kerangka, Konten adalah Otot, Sosial Media adalah Fisik
  • 46. Bagaimana Cara Kerja Google?
  • 47. Perbaharui Posting Lama Anda
  • 48. Mengapa Page Rank Blog/Web Jatuh?
  • 49. Share Buttons Milik Blogger
  • 50. Integrasi Antara Blogger dan Zemanta Gadget
  • 51. Gambaran Frekuensi Posting Blog kita
  • 52. Cara Mengatasi Blog Post dari Copy Paste
  • 53. Batas/Limit Kapasitas Akun Blogger
  • 54. Posting Blog Menggunakan Word 2010
  • 55. 6 Situs Foto Gratis untuk Blog Anda
  • 56. Cara Menampilkan Tanggal Post (Post Date) Blogger di Waktu Yang Sama
  • 57. 5 Alasan Mengapa Anda Harus Menjawab Setiap Komentar
  • 58. Cara Memodifikasi Bullet List dan Numbered List di Blogger Post
  • 59. Generasi Blogger Masih Didominasi Oleh Kawula Muda
  • 60. Blogger Perkenalkan Pendeteksi Otomatis Komentar Spam
  • 61. Blogger Belajar Dari Harry Potter
  • 62. Trik Menampilkan Total Post, Comment, dan Online User
  • 63. 38 Jawaban SEO
  • 64. Trik Menampilkan Total Post, Comment, dan Online User
  • 65. Cara Mentransfer Akun Blog ke Akun Blog yang Lain
  • 66. Mengenal Fungsi Navbar di Blogger
  • 67. Cara Pasang Recent Posts Thumbnails Dengan Mudah
  • 68. Cara Memasang File Flash Di Blog Post
  • Popular Posts

    Shout it!