http://picasion.com

rss

Cari Sepatu Keren??

Blogger Belajar Dari Harry Potter

Anda pasti mengenal tokoh populer yang bernama Harry Potter bukan? Kita nantikan filmnya yang terakhir, sobat. Pasti jika anda salah satu penggemar berat Harry tengah menantikannya. Secara sekilas, Harry terlihat kalem sosoknya, Perjuangan berat dan panjang, namun kemenangan selalu ia raih di akhirnya.

Kisah seorang penyihir muda? Atau kisah tentang seorang blogger pemula? Bagaimana jika keduanya? Berikut adalah enam pelajaran dari Harry Potter bagaimana untuk menjadi penyihir blogging.
 
1. Semua orang terasa asing
Saat Harry pertama kali memasuki dunia sihir ia merasa seperti orang asing. Tidak memiliki teman yang akan membantunya.Meskipun ia sudah dikenal oleh teman-temannya, ia tidak tahu apa-apa tentang apa sihir itu , dan ia sering melakukan kesalahan-kesalahan konyol yang mengundang tawa. Tetapi dengan berjalannya waktu, Harry belajar bagaimana segala sesuatu tentang sihir dan mulai menyesuaikan diri.
Begitu juga ketika kita pertama kali di dunia blogging, kita mungkin akan merasa seperti terasing, sendirian di dunia baru.Tenang, hal ini normal. Tak seorang pun pemula mengetahui segala sesuatu yang perlu tahu tentang Blogger, Wordpress, RSS, SEO dan teknik yang telah teruji untuk menulis konten yang baik. Salah satu orang asing itu adalah saya sendiri atau mungkin anda. Tapi yang perlu anda lakukan adalah bertahan selama mungkin, sabar, konsisten dan akhirnya Anda akan mempelajari apa yang perlu Anda ketahui tentang dunia blogging.
 
2. Apa yang paling Anda butuhkan? Persahabatan
Apa yang paling dibutuhkan Harry saat ia mencoba untuk menjelajahi dunia aneh yang baru itu? Tak lain adalah teman. Untungnya, ia segera bertemu Ron dan Hermione. Meskipun Ron orang miskin dan Hermione keturunan setengah-Muggle, mereka adalah dua teman terbaik yang ia peroleh, karena mereka bersedia untuk tetap bersamanyanya dan membantunya tak peduli seberapa buruk hal-hal yang terjadi pada mereka.
Blogger butuh teman pula. Teman yang bersedia membantu Anda, itu karena mereka menyukai Anda.  Jika Anda dapat menemukan satu atau dua teman seperti itu, Anda telah selangkah lebih maju. Kita lihat ada sesama blogger yang saling memberi award. Itu sangat bagus. Di dunia offline hal tersebut bisa berwujud saling mengirim hadiah baik berupa makanan maupun barang/supenir misalnya. Saya pun baru dapat 2 award yang saya terima dari teman senior blogger saya yakni kang Akoey webakoey.blogspot.com dan http://tkjlover.blogspot.com/ Terima kasih sobat, itu sangat berharga mempererat silaturahim.
 
3. Perhatikan bagaimana orang lain melakukan teknik sihirnya
Meskipun Harry memiliki bakat alami, Namun, Harry tidak pernah melakukan yang terbaik dalam kelas formalnya. Sebaliknya, ia membuat sebagian besar kemajuan gaibnya dengan memperhatikan orang lain membaca mantra dan mencobanya untuk dirinya sendiri.
Ketika Anda melihat seseorang berhasil di blogging (namun Anda mendefinisikannya dengan sukses), perhatikan mereka dengan teliti, mempelajari bagaimana mereka menulis, bagaimana mereka terlibat dengan pembacanya. Kemudian, setelah Anda telah menemukan sesuatu yang Anda pikir bagus untuk keberhasilan mereka, maka cobalah pada blog anda! Saya pun banyak belajar dari senior-senior blogger lainnya walaupun belum banyak berhasil. Hehe.
 
4. Jangan takut untuk melanggar aturan (tapi hati-hati dan ingat konsekuensinya)
Dalam perjuangan Harry dengan Lord Voldemort, berkali-kali ia harus memutuskan apa yang lebih penting: menjaga aturan Hogwarts atau membuat inovasi dalam melawan Pangeran Kegelapan itu. Harry hampir selalu memilih untuk melanggar aturan, dan ini biasanya yang terbaik, tapi kadang-kadang menjadi bumerang bagi dirinya.
Dalam sekolah blogging , seperti di Hogwarts, ada banyak aturan, khususnya tentang menulis konten yang baik. Tapi kadang-kadang kita  keluar dari aturan tersebut. Terlepas dari semua itu, Kuncinya adalah  mempertimbangkan mengapa aturan yang ada harus ditaati, dan menimbang apakah potensi keuntungan lebih besar dari resiko yang kita peroleh.
 
5. Ilmu hitam/Sihir gelap 
Tentu saja, hal penting dari aturan-aturan di dunia sihir adalah aturan melarang seni/sihir gelap. Dalam hal ini bisa menghemat waktu. Penggunaan seni gelap yang memisahkan para pengikut Voldemort dari seluruh dunia sihir. Meskipun Harry tidak menyerah pada godaan untuk menggunakannya beberapa kali, itu adalah sesuatu yang memalukan buat dirinya sendiri.
Dalam blogging ada hal-hal yang dilarang.  Hal-hal seperti plagiarisme dan SEO topi hitam/black hat SEO tidak hanya akan merugikan reputasi Anda, tetapi mungkin menurunkan murka Kementerian Sihir, eh ... Google kalau di dunia blogging.
 
6. Memberi tanpa mengharapkan imbalan apa-apa
Faktor apa yang membuat Harry meraih kemenangan? Tentu bukan kemampuannya yang  luar biasa.  Meskipun dia memang berbakat, tapi Dumbledore dan Voldemort jauh lebih terampil dan jago dari pada Harry. Rahasianya adalah kesediaan Harry untuk membantu orang lain, untuk memberikan nyawanya tanpa mengharapkan imbalan apa pun, yang benar-benar membuat dia berbeda.
Memberi kepada orang lain bukan hanya teknik untuk membuat anda populer. Meskipun dapat membantu, kalau itu tujuan Anda, anda telah menggunakan waktu anda jauh lebih baik. Tetapi jika Anda ingin menjadi seorang penyihir blogging yang tidak hanya berhasil, tetapi juga membuat dunia sedikit lebih baik, Anda perlu belajar untuk memberikan tanpa mengharapkan imbalan apa pun. Sekali lagi, kebaikan akan selalu berdampak baik bagi dirinya dan orang di sekitanya.

.::Related Posts:

8 comments:

Mufid on Monday, August 30, 2010 1:30:00 PM said... Reply

Saya teringat kalau Pak Dani,adlh salah satu Blogger yg setia menjawab commentar,mk dari itu saya datang kesini.
Pak,mau tanya,bagaimana sich,membuat menu yang dibawah seperti : connect,translate,tulisan terkini,deteksi online,bagaikan&komunitas. Seperti di Blog ini...
www.tegal-online.blogspot.com
Terima Kasih.

hamz on Thursday, September 02, 2010 2:58:00 PM said... Reply

Maaf baru bsa online lagi...maklum lagi sangat sibuuk di sekolah.
wah pertanyaannya banyak sobat..
Untuk fasilitas translate anda bisa menambahnya/add di widget default blogger di sana tersedia fasilitas translate.
untuk tulisan terkini bisa juga denga cara masuk ke design lalu pilih feed kemudian masukan alamat blognya.
untuk menambah bagikan/share bisa kunjungi http://www.addthis.com/
selamat bereksperimen pak

mufid on Friday, September 03, 2010 12:56:00 AM said... Reply

Terima Kasih Pak,atas infonya,saya malah baru tahu sekarang,ttg addthis.
Oh,ya.kalau boleh tau,Bapak mengajar dimana...???
daerah mana ..???
kalau bisa, panggil nama saya saja Pak,(Mufid),soalnya saya masih sekolah.hee...

hamz/blogpakdani on Saturday, September 04, 2010 2:59:00 PM said... Reply

@mufid
Saya ngajar di SD Tunas Unggul Global Interactive school Bandung. Alhamdulillah masih dipercaya untuk berbagi ilmu dengan anak-anak yang luar biasa uniknya. Oya, saya panggil Mufid saja. sekolahnya atau kuliah?

Mufid on Tuesday, September 07, 2010 11:13:00 AM said... Reply

@hamz/blogpakdani
kuliah Pak,di STMIK AMIKOM Yogyakarta.
mengajar apa Pak di SD..???
Salut saya dengan Blogger yang tanpa background orang IT.
Benar memang...apapun itu,semua hanya butuh kemauan.

hamz/blogpakdani on Tuesday, September 07, 2010 3:28:00 PM said... Reply

@Mufid
Saya ngajar Bhs Inggris. Bekron saya emang bahasa inggris..
Wah bagus tuh kuliah di jurusan IT... Keep learning, searching, investigating, and inventing Brother!

Kuliner Gizi dan Boga Rumahan by Khristian on Sunday, October 03, 2010 8:43:00 PM said... Reply

@hamz/blogpakdanimenginspirasi pak saya suka artikel ini karena saya pun baru di blog, tolong beri pendapat ya buat blog saya, give some advices thankss http://parapembelajar.blogspot.com

Kuliner Gizi dan Boga Rumahan by Khristian on Sunday, October 03, 2010 8:44:00 PM said... Reply

@hamz/blogpakdani
menginspirasi pak saya suka artikel ini karena saya pun baru di blog, tolong beri pendapat ya buat blog saya, give some advices thankss http://parapembelajar.blogspot.com


Post a Comment

Silahkan tulis komentar sebagai umpan balik dari artikel ini. Tidak diperkenankan untuk komentar yang berunsur spamming, porno, dll.

http://picasion.com/i/1TFa9/

Sub Menu

  • 1. Membuat Teks Berkedip
  • 2. Menambah Elemen di Atas dan Bawah Posting
  • 3. Menambah Dua Elemen di Bawah Sidebar
  • 4. Kotak Komentar Blogger Bermasalah
  • 5. Membuat Teks Bergerak Pada Blogger
  • 6. Membuat Tabel Pada Blogger
  • 7. Cara Membuat Scrollbox pada Blogger
  • 8. Fungsi New Pages Pada Blogspot
  • 9. Cara Menampilkan Tanggal Post (Post Date) Blogger di Waktu Yang Sama
  • 10. Membagi 2 Kolom Sidebar Blog
  • 11. Cara Memperlebar Halaman Blog
  • 12. Mengatur Perataan Posting Artikel
  • 13. Membuat Menu Dropdown Pada Arsip
  • 14. Blogger Sudah Support Fungsi Readmore
  • 15. Menambahkan Web Counter
  • 16. Cara Mendaftar dalam Blogspot
  • 17. Membuat Emotion Pada Blogger
  • 18. Memasang Yahoo Messenger Emotion
  • 19. Membuat Background Posting
  • 20. Membuat Menu Tab View Pada Blogger
  • 21. Cara Mengganti Icon Pada Address Bar
  • 22. Cara Memasang Gambar Berbingkai
  • 23. Cara Membuat Tombol Facebook Like di Blogger
  • 24. Cara Membuat Related Post Dengan Fungsi Scroll
  • 25. Membuat Border dan Kotak Pada Postingan
  • 26. Cara Membuat Buku Tamu Melayang
  • 27. Membuat Iklan Melayang dengan Tombol Close
  • 28. Membuat Kata Sambutan, Penutup dan Pertanyaan Pada Blogger
  • 29. Memasang Widget Recent Post dengan Thumblnails
  • 30. Evolusi Blogger dari Tahun 1999 - 2009
  • 31. Tips Agar Blog Anda Mudah Diakses di HP
  • 32. Cara Memasang Retweet Button Pada Blogger
  • 33. Cara Memperbesar Image/Gambar Pada Postingan Blog
  • 34. Menambah Font dari Google Custom Pada Blogger
  • 35. Membackup Komentar di Blogger
  • 36. Koleksi Gratis RSS Feed Icon dan RSS Feed Vector Graphics
  • 37. Tips Menjadikan Blogger Unlimited Bandwidht/Loading Page Super Cepat
  • 38. Daftar 'Keyboard Shortcut' Untuk Posting di Blogger
  • 39. Mengganti Font Blogger dari Kernest.com
  • 40. Tips Seni Dalam Menulis Artikel di Blog Kita
  • 41. 8 Tips Menulis Artikel Blog Dalam Waktu 20 Menit
  • 42. 5 Tips Efektif dalam Menulis di Blog
  • 43. Mengenal Lebih Dekat Tentang SEO dengan SEO Dictionary
  • 44. 4 Situs Terbaik Bekapasitas 10GB Untuk Menyimpan Data Secara Online
  • 45. SEO adalah Kerangka, Konten adalah Otot, Sosial Media adalah Fisik
  • 46. Bagaimana Cara Kerja Google?
  • 47. Perbaharui Posting Lama Anda
  • 48. Mengapa Page Rank Blog/Web Jatuh?
  • 49. Share Buttons Milik Blogger
  • 50. Integrasi Antara Blogger dan Zemanta Gadget
  • 51. Gambaran Frekuensi Posting Blog kita
  • 52. Cara Mengatasi Blog Post dari Copy Paste
  • 53. Batas/Limit Kapasitas Akun Blogger
  • 54. Posting Blog Menggunakan Word 2010
  • 55. 6 Situs Foto Gratis untuk Blog Anda
  • 56. Cara Menampilkan Tanggal Post (Post Date) Blogger di Waktu Yang Sama
  • 57. 5 Alasan Mengapa Anda Harus Menjawab Setiap Komentar
  • 58. Cara Memodifikasi Bullet List dan Numbered List di Blogger Post
  • 59. Generasi Blogger Masih Didominasi Oleh Kawula Muda
  • 60. Blogger Perkenalkan Pendeteksi Otomatis Komentar Spam
  • 61. Blogger Belajar Dari Harry Potter
  • 62. Trik Menampilkan Total Post, Comment, dan Online User
  • 63. 38 Jawaban SEO
  • 64. Trik Menampilkan Total Post, Comment, dan Online User
  • 65. Cara Mentransfer Akun Blog ke Akun Blog yang Lain
  • 66. Mengenal Fungsi Navbar di Blogger
  • 67. Cara Pasang Recent Posts Thumbnails Dengan Mudah
  • 68. Cara Memasang File Flash Di Blog Post
  • Popular Posts

    Shout it!