Penggunaan telepon pintar, tablet dan komputer jinjing atau laptop di luar jam kantor berisiko bagi kesehatan para penggunanya.
Temuan ini merupakan hasil kajian terbaru dari pemerhati masalah kesehatan Chartered Society of Physiotherapy.
Dalam temuannya, lembaga ini mengatakan orang kini menjadi ''budak layar'' dan lebih sering bekerja saat bepergian atau setelah sampai rumah.Temuan ini merupakan hasil kajian terbaru dari pemerhati masalah kesehatan Chartered Society of Physiotherapy.
Lembaga ini menyatakan kebiasaan ini bisa mempengaruhi postur tubuh dan menyebabkan sakit tulang belakang dan leher.
Chartered Society of Physiotherapy mengatakan orang harus belajar untuk mematikan 'gadget'mereka saat di rumah.
Kajian lembaga ini dilakukan melalui jajak pendapat internet terhadap 2.010 pekerja dan sekitar dua pertiga responden mengaku melanjutkan pekerjaan di luar jam kerja.
Orang menambah jam kerja mereka lebih dari dua jam dengan menggunakan telepon pintar setiap harinya.
'Kekhawatiran besar'
Data kajian menunjukkan bahwa memiliki terlalu banyak pekerjaan dan mengurangi tekanan pada siang hari adalah dua alasan utama untuk beban kerja ekstra.
Ketua Chartered Society of Physiotherapy, Dr Helena Johnson, mengatakan temuan ini adalah ''kekhawatiran yang besar''.
Dia mengatakan: ''Saat melakukan sedikit pekerjaan tambahan di rumah mungkin terlihat bagus dalam jangka pendek, tetapi jika menjadi kebiasaan rutin maka bisa menyebabkan masalah seperti sakit tulang belakang dan leher, termasuk penyakit terkait dengan tekanan stres.''
"Terutama jika anda menggunakan telepon pintar dan tidak berfikir tentang postur anda,'' tegasnya.
Sekretaris jenderal Kongres Buruh, Brendan Barber, mengatakan: ''Beban kerja berlebihan tidak bagus untuk siapapun. Pekerja yang memiliki beban kerja yang terlalu banyak sepertinya tidak akan berkinerja baik, stres akibat beban kerja yang tidak dapat diatur juga menyebabkan pekerja sakit.''
"Di saat orang memiliki beban kerja terlalu banyak, mereka merasa harus menambah jam kerja setiap malam di rumah, hal yang jelas diluar kendali.''
"Pekerja yang merasa dirinya tidak mampu meninggalkan pekerjaannya di kantor harus berbicara dengan manajernya dan harus belajar mematikan telepon pintar mereka.''
Sumber: BBC Indonesia
Internet
- 5 Tips Sukses Video Youtube
- Catatan Untuk 3 Nasihat Bisnis dari CEO Google
- Dua kunci dalam bisnis e-commerce
- Mau Bikin "Startup"? Ini Kuncinya!
- Facebook Akuisisi Face.com
- Internet Indonesia Paling Lambat Se-Asia, Ini Kata Menkominfo
- Selamat Datang Windows 8
- Awas Jebakan Virus Menyebar Lewat Facebook Chat
- Eric Schmidt: Steve Jobs CEO Terbaik dalam 25 Tahun
- Realisasikan Ide Membangun Perusahaan Digital
- Sims Social Saingi Game-game Zynga di Facebook
- Window XP Tetap Perkasa Memasuki Tahun ke 10
- Kata retweet, cyberbullying, dan sexting kini masuk dalam kamus Oxford
- Perjalanan Steve Jobs dan Apple
- Google Berbagi 6 Tips Inovasi di Bisnis Digital
- Facebook Tambah Layanan Rental Film Online
- IBM: Era PC Telah Berakhir
- Orang Terkadang Pura-pura Cek Ponsel
- Ratimaya.com Wadahi Karya 20 Desainer Muda
- Chickenstrip: Google+ Games
- Google+ Dilengkapi Fitur Games
- Penipuan Online Bermoduskan Investasi Raup 1 Triliun
- 9 Alasan Beralih dari Facebook ke Google Plus
- Pamor Facebook Mulai Meredup
1 comments:
makasih mas atas infonya sangat bermanfaat banget
Post a Comment
Silahkan tulis komentar sebagai umpan balik dari artikel ini. Tidak diperkenankan untuk komentar yang berunsur spamming, porno, dll.